Halo
guys jumpa lagi dengan najmideas, kali ini akan membahas tentang Prospek Kerja
Lulusan Ilmu Komunikasi. Banyak yang bingung ketika di pertengahan semester
(4/5/6) saat kuliah nanti lulus mau jadi apa yaa?
Kini
najmideas ingin menjawab pertanyaan tersebut. Eits tapi khusus jurusan ilmu
komunikasi dulu yaa (yang lain nyusul), sebelum membahas prospek lulusan ilmu
komunikasi. Najmideas mau jelasin tentang apa itu ilmu komunikasi?
Komunikasi
berasal dari bahasa Latin “Communicare” artinya membuat sama (make to common) atau “Communis” yang
berarti “sama”. Jadi komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi individu
dengan kelompok dalam hal menyampaikan pesan dan menerima pesan untuk mencapai
kesamaan makna. Itu sekilas tentang komunikasi,
selanjutnya
apa saja prospek kerja lulusan ilmu komunikasi? Mari simak dibawah ini..
1. Advertiser

Advertiser atau praktisi periklanan adalah profesi dimana seorang dengan skill tersebut. Mengembangkan jasa periklanan untuk para pebisnis yang ingin usaha/produknya cepat terkenal, laku dan mendapat banyak client. Maka akan datang ke advertiser agar dapat di promosikan ke khalayak baik berbentuk iklan di web, tabloid, Koran, majalah ataupun fanplate. Oleh sebab itu sarjana ilmu komunikasi harus paham tentang desain periklanan.

Advertiser atau praktisi periklanan adalah profesi dimana seorang dengan skill tersebut. Mengembangkan jasa periklanan untuk para pebisnis yang ingin usaha/produknya cepat terkenal, laku dan mendapat banyak client. Maka akan datang ke advertiser agar dapat di promosikan ke khalayak baik berbentuk iklan di web, tabloid, Koran, majalah ataupun fanplate. Oleh sebab itu sarjana ilmu komunikasi harus paham tentang desain periklanan.
2. Fotografer
Tentu saja sarjana ilmu komunikasi pasti mengerti hal ini, fotografer adalah profesi penting dimana ia bertugas memotret (angel/no angel) dan mencaption untuk kebutuhan dokumentasi media massa. Profesi ini penting karena sebagai sarana tersampainya pesan melalui media gambar agar lebih mudah dipahami oleh khalayak.
Di era now ini tentu sudah banyak teknologi yang sudah menggunakan format 4 dimendi (3D bergerak) seperti hasil ultrasonografi kandungan ibu. Jadi untuk lebih memperjelas pemahaman khalayak maka di butuhkan dokumentasi berbentuk video. Diharapkan dengan adanya video dapat menjadi nilai plus bagi media yang mempunya seorang videografer.
Reporter adalah profesi yang melibatkan penyampai pesan lewat suara langsung (wawancara) kepada narasumber, mencatat dan menyimak jawaban dari narasumber untuk dijadikan berita di pers media elektronik online maupun cetak. Tentu saja sarjana ilmu komunikasi dituntut untuk bisa melakukannya.
Di singkat EO, merupakan profesi yang memerlukan kemampuan memenej yang baik guna mensukseskan event kliennya di suatu tempat. Selain itu EO harus pandai berkomunikasi, bekerjasama dengan tim. Jika hal ini tidak ada maka event itu kemungkinan gagal dan Tim EO tersebut akan dicap jelek oleh klien karena tidak bisa dipercaya dan gagal mensukseskan suatu acara.
6. Penyiar Radio

Menjadi penyiar radio harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Berbeda dengan presenter yang berbicara di layar kaca, seorang penyiar radio hanya menyampaikan pesan dalam bentuk suara saja. Jadi bisa di bilang lebih mudah. Tapi jangan diremehkan juga yaa…
7. Master Of Ceremony (MC)

MC hamper sama dengan presenter, hanya saja seorang MC menyampaikan pesan dan menjadi pembawa acara (pernikahan, sunatan, dan lain-lain), secara langsung kepada khalayak. Profesi ini juga harus memiliki kemampuan komunikasi, mimik wajah dan intonasi suara yang baik. Sehingga audience dapat memahami.
8. Editor
Kemampuan merangkai kata yang baik dari kejelian seorang editor dalam mengkoreksi hasil informasi dari wartawan/personil lainnya, sangatlah menentukan respon khalayak terhadap informasi / berita tersebut. Oleh sebab itu ini termasuk profesi yang tidaklah mudah namun terbuka lebar bagi para Pers Media.
9. Public Relations

Sebutan mudah nya PR, ia biasa memeberikan konsultasi kepada perusahaan / organisasi / klien perorangan guna menyelesaikan masalahnya. Adapun tahapan seorang PR melakukan pendekatan interpersonal kepada pimpinan perusahaan, menerima pengungkapan masalah perusahaan, menindaklanjuti (solusi) masalah, & melihat hasil konsekuensi keputusan perusahaan (plus minusnya).
Ok
guys itu sekilas prospek lulusan ilmu komunikasi, buat kalian jangan merasa
menyesal kuliah di jurusan komunikasi. Karena banyak peluang setelah lulus
nanti….tetap semangat belajarnya ^_^
Comments
Post a Comment