Skip to main content

Gunung Tangkuban Perahu Begitu Mempesona dan Melegenda

Naik-naik Ke Puncak Gunung, Tinggi tinggi sekali. Ok.. sambil sobat nyanyi lagu naik ke puncak gunung karya... Ini ada sekilas info sob.. yaps info kali ini datang dari Kota Bandung Halo-halo Bandung Ibu Kota parahyangan. Kok nyanyi lagi sih:-D
Nah kalo gitu Ada apa dengan si Halo Bandung? Jadi gini πŸ‘‡

Pesona Gunung Tangkuban Perahu
Ada sebuah gunung namanya Tangkuban Perahu. Tangkuban Perahu merupakan gunung Api Aktif yang terletak di Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat-Provinsi Jawa Barat. Memiliki ketinggian 2.084 Meter. Gunung ini berbentuk Stratovulcano kayak kue cucur gitu hahha..Suhu rata-rata hariannya ialah 2°C di malam hari dan 17°C di siang hari terbilang standard sob. Pada tahun 2006 Gunung Tangkuban Perahu mengalami letusan, letusan tersebut berupa lava, sulfur (belerang). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja 3 orang mengalami luka ringan akibat letusan awan panas dari gunung Tangkuban Perahu. Sehingga Direktorat Vulkanologi Indonesia terus mengawasi aktivitas gunung ini dengan status Siaga 1.

Rute perjalanan menuju Gunung Tangkuban Perahu amatlah indah. Karena disetiap perjalanan sobat bisa menikmati hamparan hijau kebun teh dengan suasana rimbun pohon pinus. Gimana sob belum nyampe lokasi aja dah dapet view bagus, apalagi pas nyampe nya. Sobat pasti bakalan kece badai deh^_^. Sebelum sobat berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu jangan lupa bawa peralatan narsis nya seperti: Tongsis, DSLR Camera/smartphone, Video camera/Go Pro dan Tripod. 5 peralatan ini sangat cocok buat Vlogger yang suka bikin short movie perjalanan wisatanya. Nah kalau cuma sekedar dokumentasi cukup membawa smartphone aja lah hehehe. Jadi abadikan moment spektakuler ini dengan Selfie dan Wefie. 

Pose Zaman Now
Oh yaa.. Berwisata ke Gunung Tangkuban Perahu sangat terjangkau lho. Sobat cukup membayar Tiket masuk sebesar Rp 15.000, dan biaya parkir motor Rp 5.000. Tidak hanya sebagai sarana penyejuk mata saja, berwisata ke Gunung Tangkuban Perahu Sobat bisa menikmati indahnya berkeliling dengan menaiki Kuda dan terdapat buah tangan untuk Keluarga seperti souvenir, Pakaian maupun makanan. Selain itu bagi sobat yang ingin waktu lebih lama bersama pesona gunung Tangkuban Perahu, disini juga tersedia Villa penginapan jadi cocoklah buat kumpul bareng temen & honeymoon Hahaha:-D. 

Ada sesuatu yang menarik nih sob dari Gunung Tangkuban Perahu, apa tuh?
Yaps Legenda cerita Sangkuriang yang memang penyebab terjadinya Gunung dan pastinya sudah familiar dimata masyarakat. Akan tetapi menurut data yang saya dapat Legenda tersebut adalah tidak benar karena terdapat penjelasan dari fenomena terjadinya Gunung Tangkuban Perahu yang memang tidak banyak orang yang mengetahuinya. Ok ini diaπŸ‘‡

Candied Cihuy

  • Legenda

Asal-usul Gunung Tangkuban Perahu ialah kisah seorang anak bernama Sangkuriang yang mencintai ibunya dayang sumbi (Rarasati). Bahkan Sangkuriang sangat ingin menikahi ibunya, Namun karena ibunya mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anak kandungnya maka Rarasati menolak lamarannya, dengan memberikan tantangan kepada Sangkuriang. Yaitu untuk membuat perahu dan telaga dalam waktu satu malam. Sangkuriang pun bekerja keras untuk memenuhi tantangan dari Rarasati. Nasib beruntung bagi sang Ibu, sungguh kecewa Sangkuriang karena gagal untuk memenuhi tantangan dari Rarasati.  Saat Sangkuriang kecewa ia pun menendang perahu buatannya dan kemudian Perahu tersebut terpental jauh ke laut dengan posisi terbalik seketika membesar menjadi gunung yang setelahnya diberinama Gunung Tangkuban Perahu yang berarti Gunung Perahu Terbalik.

  • Fakta

Gunung Tangkuban Perahu terletak di Kota Bandung Jawa Barat dan sebagian Di Kota Subang karena masih perbatasan. Keberadaan gunung ini berdasakan peta topografi Bandung ialah berbentuk cekungan, dengan model kawasan perbukitan dan pegunungan disisinya. Menurut para ahli geologi hal ini menguatkan adanya telaga besar yang kini adalah kota Bandung. Sisi dari telaga besar ini (perbukitan & pegunungan) memiliki ketinggian rata-rata 709 Meter di atas permukaan laut. Telaga ini merupakan aliran dari arus  danau besar akibat pembendungan CiTarum. Pembendungan ini terjadi karena letusan gunung api purba yaitu Gunung Sunda dan Tangkuban perahu yang memang masih aktif. Pembuktian fenomena ini dapat kita lihat pada kawasan Ngorongoro di Tanzania dan gunung krakatau di selat sunda. Maksudnya di puncaknya yaa..

Sariman Naik Kuda
Ok terlepas dari keberadaan gunung Tangkuban Perahu apakah memang sudah ada sebelum zaman Sangkuriang atau karena tendangan super Sangkuriang maka jadilah gunung hahaha:-D. Nah yang perlu sobat pahami adalah bahwa Legenda adalah cerita masyarakat yang diyakini secara turun temurun bisa dibilang tradisi sedangkan fakta adalah suatu kejadian nyata yang memang ada dalam kehidupan berdasakan perhitungan dari Hasil Penelitian, dalam kasus ini adalah perkiraan. Intinya opini masyarakat mengatakan legenda Sangkuriang  diyakini sebagai sebuah dokumentasi masyarakat terhadap peristiwa letusan Gunung api purba itu.

Memang mustahil terbentuk sebuah gunung hanya dalam waktu sekejap. Namun keajaiban itu akan selalu ada di setiap kehidupan (Trust). 

        

Comments

Popular posts from this blog

"Preman Pensiun" Mengharukan Kenangannya, Menyenangkan Pas Nontonnya

Preman Pensiun sebuah serial sinetron yang tayang di RCTI dan di produksi oleh MNC Picture. Film karya  Aris Nugraha ini telah rilis menjadi film layar lebar. Yaps pasti nya sobat tau donk film Preman Pensiun itu gimana. Preman Pensiun merupakan serial sinetron bergenre komedi yang di bintangi oleh Epy Kusnandar sebagai Kang Mus atau Muslihat. Pada serial sinetron terdapat 2 Season dimana Season kedua terakhir tayang pada 2015. Na'asnya pada masa serial kedua film ini turut berduka cita atas wafatnya Didi Petet, beliau adalah sosok senior (pemimpin Preman) dalam Film Preman Pensiun. 
Selain sang bintang Epy Kusnandar Adapun pemeran Film Preman Pensiun diantaranya; Tya Arifin sebagai Kinanti, Vina Verina sebagai Esih, Soraya Rasyid sebagai Imas, Deny Firdaus sebagai Murad, Ica Naga sebagai Pipit, Moch Jamasari sebagai Kang Gobang, Andra Manihot sebagai Dikdik, Kris Tatoo sebagai Bohim, Abenk Marco sebagai Cecep, Fajar Hidayatullah sebagai Ujang, Safira sebagai Safira dan Mang UU yaa…

Orasi Kivlan Zein pada Wisuda IAI ALAZIS Terkeren

"Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia" "Pusat Pembelajaran Hidup Bersama" "Pusat Pendidikan Nilai Universal" "Dalam Zona Damai Dan Harmoni"
Itulah seuntai bait pertama dari lagu Mars IAI ALAZIS. IAI ALAZIS merupakan kampus kontemporer yang diresmikan pada 12 Desember 2012 alias 12.12.12  oleh Bapak Menteri Agama Suryadharma Ali, dengan motto "Ajaran Ilahi Untuk Semua". IAI ALAZIS menempati Peringkat ke 6 dari 130 Perguruan Tinggi Keagamaan Dan Islam Se-Jawa Barat. Memberikan Pendidikan yang dapat bersinergi dengan sistem modern merupakan suatu ciri khas tersendiri dari kampus IAI ALAZIS. Bersemarak hari Senin 25 Maret 2019 Di Desa Mekarjaya, Gantar, Indramayu. Tepatnya Gedung Pembelajaran Ali ruang minizeteso, telah berlangsung pelaksanaan Wisuda Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia. Wisuda ini merupakan kali pertamanya dilaksanakan kampus IAI ALAZIS. Wow This is first momen guys^_^
Acara Wisuda Pertama tersebut turut dihadiri oleh; …

Ini Dia Momen Instagramable Bareng HappyOne.id

Bersemarak di Historia Resto Jakarta, tepatnya hari Sabtu 24 November 2018. PT Asuransi Astra Buana dan Viva.co.id adakan kegiatan travel blogger, dengan tema VIVALOVA Happiness Race. Kegiatan Travel Blogger ini diwajibkan bagi peserta untuk memakai dresscode berwarna kuning, Hijau, Magenta, merah dan Biru. Aku memakai warna kuning keoren-orenan dikit guys biar keren hehheh. Diawal kegiatan kami para Blogger berkumpul untuk mendengarkan pemaparan Oleh Bapak Iwan dan Ibu Lusi dari PT Asuransi Astra Buana yang meluncurkan produk terbarunya, yaitu Happyone.id. Happyone.id merupakan asuransi dengan banyak manfaat dalam satu. Adapun manfaat Asuransi Happyone.id Diantaranya: 1. HappyMe: Memberikan kenyaman berupa layanan proteksi diri dari kecelakaan.  2. HappyEdu: Memberikan kenyamanan berupa santunan biaya pendidikan. 3. HappyTrip: Memberikan kenyamanan sebelum dan selama traveling. 4. HappyHome: Memberikan kenyamanan berupa perlindungan terhadap rumah.
Asuransi HappyOne bersifat Proteksi buka…

Indonesia Property Expo: 2019 Punya Rumah Yoo!

Bincang-bincang seputar properti, Seketika mebuatku terpikir tentang rumah impian. Imajinasi seakan membawa khayalku terbang ke langit. Nah gimana dengan kalian udah punya rumah belum hari ini? Atau ada rencana mau nyicil rumah tahun ini? Kalo memang bisa, mengapa tidak. Bersemarak di Jakarta Convention Center (JCC) Indonesia Properti Expo 2019 bertajuk Pesta KPR BTN Anniversary. Ajang ini adalah yang ke 35 sepanjang sejarah properti Indonesia sob, terwujud atas kerjasama PT. Adhouse Clarion Events dan DPD REI DKI Jakarta serta PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk, berlangsung selama 9 hari, tepatnya dari tanggal 2 Februari sampai 10 Februari 2019. Turut mengundang antusiasme masyarakat Khususnya warga Jakarta. Selain itu terdapat 600 proyek hunian ditawarkan disini dari 150 developer pengembang dengan harga kisaran Rp. 130 juta dan jangka waktu kredit sampai 30 tahun. Wah coba itu terbaik bangetkan.
Selain terbaik dalam kisaran harga, ada yang terbaik lagi nii sob. Wow apa tuu? Ja…

Mahasiswa IAI ALAZIS OKK Bareng Pelajar Dusun Mekarsari-Indramayu

Sebut saja Menara Air, yaps itu adalah nama Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) di Dusun Mekarsari Desa Mekarjaya Kecamatan Gantar - Indramayu. Sejak dimulainya KKN pada tanggal 15 Juli 2019 dari awal pembekalan hingga kini hari ke 16, kami Tim Menara Air alhamdulillah telah banyak melaksanakan program. Salah satunya yang dibahas kali ini ialah Olahraga Kebugaran Kaki (OKK). Nah jadi waktu itu Ahad, 28 Juli 2019 Tim Menara Air bersama 64 peserta yang terdiri dari SDN Mekarsari (52) dan SMPN Satu Atap 3 Gantar (12) melaksanakan OKK. OKK adalah kegiatan fisik menggunakan otot-otot khususnya otot kaki untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Sedangkan menurut Dosen Fakultas Pendidikan dan Olahraga Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) "Bapak Gumilar mengatakan OKK/jalan kaki adalah gerakan yang terstruktur dan terencana mempunyai induk organisasi atletik, guna meningkatkan kualitas hidup manusia. Start Jam 07.30 WIB b…

Pelantikan Terbanyak Di Dunia: Begini Pesan Komisaris Kepada Para Jurnalis

Dalam Rangka meningkatkan solidaritas wartawan maka perlu adanya suatu pertemuan yang hebat. Maka demi terwujudnya hal tersebut, Media Doeta Indonesia melaksanakan pelantikan para jurnalis dan calon jurnalis. Tepatnya pada hari Selasa tanggal 15 Januari 2018 di ruang Muzdhalifah Islamic Center Bekasi. Dalam pelantikan ini dihadiri oleh 163 Personil wew banyak kali hehehe. Dalam Pelantikan ini dihadiri dan di saksikan oleh Komisaris Asrul Alamsyah S.Pd.i, S.Ip, M.M, Dewan Penasehat Hamsasmi, H.Sumanto, Direktur Utama Suparman, Ketua FKLKM, H.Qodiran, Pimpinan Umum Media Doeta Indonesia Sastra Suganda, dan tentunya 5 Kabiro Jakarta serta para Kordinator Liputan.
Media Doeta Indonesia atau disingkat MDI adalah media yang berada dibawah naungan PT Suara Doeta Bangsa Indonesia,  MDI bergerak dalam bidang pemberitaan baik on line maupun off line (media cetak), yang sepenuhnya berpihak pada kebenaran informasi (berita). Menghindari sepenuhnya pemberitaan yang berpotensi menciptakan perpecahan…

Deg-degan: Begini Sidang Skripsi Mahasiswa PGMI IAI ALAZIS

Skripsi Oh Skripsi, Yaps bagi kalian yang sedang menuju semester akhir pasti akan ditunggu dengan momen ini. Mulai dari tahap pengajuan Proposal Skripsi, Penelitian, Seminar Hasil, Sampai Di sidang. Heleh.. kalo ngeliat kaka kelas gimana yaa Perjuangannya itu lho bukan main... 4 tahun bergelut dengan buku mereka alami plus coret-coretan sebelum dinyatakan lulus. Legowo banget yaa le.
Jadi sekitar 2 bulan lalu tepatnya 21 April 2019, Jalan nii ceritanya bareng Anak PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) satu angkatan.. tapi temenan aja kok. Biasa dipanggil Anis sett kita otw kelas kampus tuu habis jam istirahat. Sampe dikelas masing-masing (Admin anak KPI Sob) ternyata kelas admin kosong kuliah kan yaudah samperlah kelas anis, gak taunya PGMI Angkatan 4 akan mengikuti Sidang Skripsi. Yaudah deh ngikutin ajalah ke lantai 2, penasaran sidang skripsi PGMI kayak apa yaa?
Sampe diruang sidang yaa rame dan pada serius memperhatikan peserta sidang. Peserta sidang skripsi kali ini adalah seo…

3 Cara Mudah Kirim Uang ke anak di Pesantren, No. 3 Efektif dan Efisien

Anak : Yah kirimin uang Rp 500.000 yaa buat bayar Qurban Sama Jajan Aku..
Ayah : Iya nak besok yaa Anak : Ok ditunggu

2 hari kemudian
Anak : Yah kapan mau kirim uangnya Ayah : oh..iya maaf ayah lupa soalnya banyak kerjaan.. Anak : sibuk banget sih... Terus kapan kirimnya? Ayah : Insyaallah malam ini Anak : SEGERA
Percakapan diatas merupakan salah satu problem kecil bagi keluarga, khususnya dalam hal pengiriman uang. Apalagi bagi kalian yang memang para santri di suatu pesantren daerah pelosok seperti Al-Mutazam di Kuningan, Tebu Ireng di Jombang dan Mahad Al-Zaytun di Indramayu. Di daerah pelosok biasanya jarang ada akses ATM jadi anak santri harus ke pusat kota tarik tunainya, ke  pusat kota juga butuh biaya ongkos belum lagi laper nanti dijalan. Hadeuh ribet amat yaak.
Wajar saja kalau anak pesantren sering minta kirim uang dari keluarga mengingat kebutuhan para santri sangatlah beragam dibandingkan dengan siswa di sekolah formal umumnya. Nah sobat perlu tahu cara mudah kirim uang ke daerah p…

Netizen Harus Cerdas Hadapi HOAX Jelang PilPres 2019

Pagi itu aku dan temanku (ongki) pergi dengan mengendarai sepeda motor menuju Universitas Islam Asyafiiah (UIA) Pondok Gede. Setibanya di lokasi kami pun tepat berada di sebuah gedung bercat putih tulang dan coklat, dalam sebuah ruangan di lantai 8. Hadir di UIA dalam rangka mengikuti seminar Nasional yang diselenggarakan pada hari Selasa, 18 Juli 2018. Bertemakan "Dialog Peran Media Jelang PilPres 2019" ini di bawakan oleh tokoh dan praktisi Media yang sudah berpengalaman yaitu; 1. Elba Damhuri (Chief Of Republika) 2. Gugun Heryanto (Dosen KPI UIN Syarif Hidayatullah) 3. Abdul Kahar (Pemimpin Redaksi Metro Tv)
Seiring waktu berlalu, sekilas aku teringat ucapan salah satu pembicara, Bapak Gungun di seminar UIA, beliau mengatakan bahwa peran media adalah sebagai "fact checker" yaitu menjadi pemeriksa fakta atau kebenaran. Hal ini menjelaskan bahwa kebenaran yang kita dapat (informasi) baik dari media cetak, online dan elektronik masih harus di verivikasi kembali. Ditamb…

Ibarat Cinta - Acung Sang Pemimpin Betawi Kembali Jatuh dipelukan Al-Zaytun

Kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah anda. Seuntai kalimat populer dan keren ini cocok menjadi ungkapan perasaan Sang Pemimpin Betawi. Namanya Nur Rochmat yang merupakan Ketua Persatuan Betawi DKI Jakarta. Kini kedua kalinya ikut dalam momentum 1 Syuro 1441 H di Masjid Rahmatan Lil'Alamiin, Pondok Pesantren Mahad Al-Zaytun, Indramayu. Adapun temanya adalah "Menzahirkan Jati Diri Indonesia yang Hakiki". Pemuda lokal berkostum khas Betawi ini akrab disapa Acung.  Ia pun terkesan dengan karya-karya di kampus Al-Zaytun. Hmmm kalo seseorang udah terkesan dengan karyanya apalagi sama orangnya wedeh cmumut eaa.
Yaps tentu disini ada si pemikat hatinya, siapa sih? Tidak lain adalah sang Grandchancellor Syaykh Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang (Syaykh Al-Zaytun). Dalam kesannya Acung mengatakan “Saya sangat tertarik waktu pertama kali datang ke Al-Zaytun (1 Syuro tahun lalu), sangat memotivasi, bisa timbul inspirasi baru, Selama ini saya coba menjalani kemandirian (ek…